Prodi Kehutanan USK Banda Aceh Menjadi Peserta Terbaik dalam Diklat Survey Kepadatan dan Monitoring Populasi Orangutan Sumatera

Bukit Lawang 14/12/2020. Program Studi Kehutanan USK Banda Aceh diundang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Survey Kepadatan dan Monitoring Populasi Orangutan Sumatera yang diselenggarakan oleh Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) dan bekerjasama dengan Balai Besar Tanaman Gunung Leuser (BBNTGL), Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) Pematang Siantar. Kegiatan ini diselenggarakan di Ecolodge Bukit Lawang pada 7-12 Desember 2020.

Peserta Diklat berjumlah 30 orang yang berasal dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh, UPT Kementrian LHK di Aceh, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Aceh dan Perguruan Tinggi yang berada di Aceh. Materi dalam diklat ini memuat tentang internalisasi nilai-nilai revolusi mental, kebijakan konservasi orangutan, desain sampling survey, teknik dan pengumpulan data survey, teknik analisis data kepadatan dan evaluasi monitoring survey kepadatan orangutan sebagai penutup kegiatan. DIKLAT survey Orangutan dilaksanakan di luar ruangan dan dalam ruangan sebagaimana yang terdapat dalam kurikulum pelatihan yang disusun.

Dalam Kegiatan ini Abdullah Ahmad Nst (21), Mahasiswa Program Studi Kehutanan USK yang menjadi peserta dalam Diklat ini menjadi peserta terbaik berdampingan dengan peserta dari Wildlife Conservation Society (WCS) dan salah satu peserta dari YEL.

Diklat ini kedepannya akan dikembangkan untuk jenis satwa liar lainnya dan akan menjadi salah satu kegiatan yang rutin untuk diselenggarakan.

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya