Fieldtrip Taman Safari Gurun Putih Lestari Jantho

Mahasiswa-mahasiswi angkatan 2016 Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian Unsyiah sejumlah 14 orang melakukan praktikum lapangan di Taman Safari Gurun Putih Lestari Jantho pada hari Sabtu, 27 April 2019. Praktikum lapangan tersebut merupakan bagian dari mata kuliah Perilaku Satwa Liar dan mata kuliah Pengelolaan Satwa Liar, kedua mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan untuk bidang konservasi di Jurusan Kehutan Unsyiah.

Di Taman Safari Gurun Putih Lestari Jantho terdapat berbagai jenis satwa yang didatangkan dari berbagai daerah di Aceh, Indonesia, bahkan dari luar negeri. Satwa-satwa tersebut termasuk kelompok mamalia seperti domba merino, rusa totol, kijang, kancil, kelinci, marmut, dan berbagai primata seperti orangutan, siamang, kukang, dan berbagai jenis burung seperti burung merak, burung unta, burung rhea, burung emu, kakak tua, dan berbagai unggas lainnya.

Untuk Mata Kuliah Perilaku Satwa liar, mahasiswa mengamati perilaku burung merak yaitu perilaku kawin, perilaku harian siamang, perilaku burung unta, dan perilaku rusa. Sementara itu, mahasiswa menggali informasi dari pemilik TSGPL tentang pengelolaan satwa seperti pemberian pakan harian, sumber air, pencegahan dan pengobatan penyakit satwa.

Mahasiswa terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan fieldtrip ini, karena TSGPL merupakan salah satu lokasi konservasi satwa eksitu yang ada di Provinsi Aceh dengan koleksi fauna yang cukup lengkap saat ini (AHU).

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya